HARI PERTAMA SEKOLAH PJJ

Sekolah adalah hal yang wajib dilakukan siswa di Indonesia, sekolah pun mengalami banyak masalah saat covid-19 mulai mewabah, siswa tidak bisa datang ke sekolah karena aturan pemerintah untuk menjaga jarak dan beraktivitas di rumah. Sekolah memberikan alternatif saat wabah terjadi yaitu belajar melalui daring atau online, dengan memanfaatkan aplikasi seperti zoom dan classroom sekolah bisa dijalankan walaupun tidak seperti biasa. orang tua pun tenang karena anaknya bisa sekolah kembali dan siswa bisa menambah ilmu walaupun jauh dari sekolah maupun guru.

Hal tersebut pun terjadi pada saya sebagai siswa SMP Labschool Jakarta, saya juga mengalami PJJ dan itu membuat saya senang karena saya dapat menambah wawasan dan tidak bosan di rumah hanya belajar sendiri dan mendapat aktivitas tambahan seperti belajar bersama teman dan aktivitas menyenangkan lainnya. Saya pribadi tidak terlalu suka belajar tapi sangat membosankan jika tidak melakukan apapun di rumah dan hanya bermain dll.

Saat saya pertama kali masuk ke ruangan zoom sebagai siswa kelas 8 jelas itu merasa agak menegangkan karena bisa melihat muka teman kita dan mempunyai wali kelas baru yang tidak kalah dengan wali kelas sebelumnya, di kelas saya memiliki 2 wali kelas yaitu bu Sijo dan pak Warisno. Saat jam menunjukan pukul 07:00 wali kelas pun masuk ke ruangan zoom kami dan memperkenalkan diri kita (murid 8F) juga memperkenalkan diri masing-masing sampai jam menunjukan jam 08 :40 wali kelas pun meninggalkan ruangan zoom dan guru mata pelajaran datang ke ruang zoom kami. Mata pelajaran pertama yang kita pelajari di kelas 8 adalah IPA biologi saya sangat menyukai biologi sebaliknya dengan fisika, kami mendengarkan dan menjawab pertanyaan yang diberikan dengan baik dan kami sangat menikmati pelajaran tersebut.

Mata pelajaran ke-2 adalah IPS dan diajari oleh bu Sijo, kami belajar IPS selama 2 jam mata pelajaran yaitu 80 menit, saya jujur bahwa saya tidak suka IPS karena membosankan dan melelahkan. setelah IPS selesai wali kelas pun masuk ke zoom kelas kami dan mengucapkan penutupan dan doa, selesailah hari pertama PJJ kami di kelas 8 ini.


Saya sangat menyukai adanya PJJ karena menjadi alternatif dalam wabah ini dan durasinya lebih kurang dibanding sekola biasa banyak hal positif dalam PJJ seperti berikut ini:.
1. Memicu Percepatan Transformasi Pendidikan
2. Banyak Munculnya Aplikasi Belajar Online
3. Banyaknya Kursus Online Gratis
4. Munculnya Kreativitas Tanpa Batas
5. Membangun Mental Positif

Dan dari banyaknya hal positif didalam PJJ ada juga sebagian hal negatifnya yaitu:

1. Kurang efektifnya sistem belajar memgajar

2. Pelajar akan lebih sulit dalam memahami materi yang dipelajari.

3. Kurangnya intraski sosial antar teman ataupun guru dan pelajar.

4. Pelajar lebih menggampangkan sistem belajar ini, dan akibatnya mereka susah dalam memahami pelajarannya.

5.Mereka terkadang  lupa akan tugas yang diberikan oleh gurunya atau pematerinya.

mungkin cukup sekian blog dari saya jika ada kesalahan dalam kata dan informasi tolong dimaafkan terima kasih.

penulis: Faeydza D. Ali 8F/12


Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANGKUMAN BAB 1 INFORMATIKA